“Musim” Yang Hanya Ada Di Indonesia

Musim memang silih berganti , karena memang keinginan atau kejutan juga selalu datang bergantian. Seperti musim-musim pada umumnya di dunia, seperti musim hujan dan musim kemarau, ternyata ada 5 musim paling aneh yang cuma ada di Indonesia. Dijamin gak ada di negara lain, inilah 5 musim paling’ngehits’ yang nggak ada di negeri alien sekalipun.

Ikan Lou Han

Di tanah Inggris sana, ikan ini dijuluki Flowerhorn. Mitosnya, ‘jenong’ di kepala ikan ini dianggap sebagai pembawa Hoki, namun begitu ikan ini diburu karena coraknya dan bentuknya yang unik.

Karena nilai jualnya yang tinggi, habitat ikan inipun mulai menyusut. Asal yau aja nih sob, harga termahal untuk satu ekor Lou Han bisa mencapai Rp 40 juta per ekor.

Gelang Power Balance

Ini juga sempat jadi tren. Mulai dari pejabat, selebriti, hingga anak bau kencur tergiur memakai gelang yang harganya cukup fantastis ini.

Gelang bernama Power Balance ini dianggap memiliki khasiat keseimbangan kesehatan dan membuat pemakainya tidak mudah jatuh sakit. Hal tersebut dikarenakan teknologi frekuensi 7,83Mhz ke dalam sebuah hologram pada gelang tersebut.

Namun fakta ilmiah membuktikan lain soat lintas, Australian Competition and Consumer Commission (ACCC), telah mengungkapkan bahwa khasiat gelang power balance adalah palsu.

Karena gelang ini dipakai oleh para selebriti dan atlet di berbagai negara untuk meningkatkan kemampuannya, maka publik Indonesia pun menirunya. Bahkan pesepakbola sekelas Cristiano Ronaldo disebut-sebut juga memakai gelang ini. Pada masanya, gelang ini cukup mahal dengan banderol Rp 500 ribu.

Tanaman Anthurium

Tumbuhan hutan hujan tropis Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae yang memiliki daun berbentuk sangat indah. Varian tanaman ini menurut data museum botani ada sekitar 1000 jenis, di antaranya yang paling digemari adalah anthurium Jenmanii, Gelombang Cinta, dan Hookeri.

Bagi sebagian kalangan, tanaman ini ternilai sangat mewah dan eksklusif. Harga tertinggi untuk tanaman anthurium pada masanya mencapai Rp 70 juta. Wow..

Tapi sekarang, hanya dengan uang Rp 10.000-20.000 saja sobat lintas sudah bisa mendapatkan tanaman ini. ;(

Love Bird

Burung bernama Lovebird ini adalah salah satu jenis burung yang berukuran kecil. Ukurannya tak lebih dari sekitar 13-17cm saja. Keunikan burung ini adalah bersifat sosial dan jarang sakit. Beberapa spesies burung ini berasal dari Afrika dan Madagaskar.

Pada tahun 2012 lalu, pasar lovebird masuk ke Indonesia dengan harganya langsung melejit. Yang paling mahal kala itu adalah jenis Lutino Mata Merah. Jika sudah pernah bertelur, harga untuk jenis itu bisa mencapai Rp 25 juta.

Namun sekarang? untuk Lutino Mata Merah usia dewasa bisa didapatkan hanya dengan harga mulai Rp 200 ribu saja.

Batu Akik

Nah, ini yang paling baru, demam batu akik pun pulai melanda secara merata diwilayah Indonesia. Harga batu akik sangat beragam, ada yang murah sekitar Rp 25 ribu, namun tak sedikit yang menawarkan hingga berharga ratusan juta rupiah karena langka dan motif yang menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s