Ronald Koeman, Pria Dibalik Kesuksesan Southampton

Siapa sangka, Southampton per awal oktober ini menduduki peringkat 2 klasmen Premier League, hanya Chelsea yang mengalahkan agresifitas-nya.

Coach Koeman adalah pelatih dibalik kesuksesan tim ini, siapa dia? sebagai info Coach Koeman mampu memberikan trofi hampir di semua klub yang disinggahinya. Koeman juga menjadi orang pertama yang pernah bermain serta menangani klub tiga besar Belanda,De Grote Drie- Ajax, PSV Eindhoven, dan Feyenoord Rotterdam.

Di Feyenoord, Koeman mampu membangun kekuatan tim berbasis para pemain muda jebolan akademi dengan ditambah pula masalah finansial klub yang tidak menggembirakan.

Koeman sukses dua kali membawa Feyenoord menghuni posisi runner-up Eredivisie meski tak pernah diunggulkan. Kini, banyak pula pemain muda Feyenoord yang menjadi tulang punggung timnas Belanda.

Koeman menerapkan formasi berbasis 4-3-3. Jose Fonte, Schneiderlin, Tadic, danPelle menjadi pemain yang hampir selalu diturunkan. Bisa dibilang mereka lah yang menjadi pilar baru tim menggantikan Lallana dkk. Namun, penyesuaian tetap dilakukan tergantung lawan yang dihadapi.Misalnya, saat mengatasi West Ham United, yang mengandalkan sepakbola fisik, Koeman malah menyimpan Vincent Wanyama di bangku cadangan. Tujuannya,untuk memaksimalkan possession footballt imnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s