Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot.com

Pertama masuk ke www.Blogger.com. Anda akan diminta memasukan akun Gmail, jika yang sudah punya silahkan masukkan gmail anda dan bagi yang belum sila buat terlebih dahulu. Jika sudah kita langsung ya?

1. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada tampilan untuk membuat profil Google Plus dan membuat Blog. Anda bisa memilih membuat Google Plus (jejaring sosial buatan Google) atau Anda bisa langsung memilih membuat Blog.

2. Setelah Anda memilih membuat Blog, maka Anda kemudian akan dialihkan pada halaman untuk mengisi nama tampilan (nama pengguna Blogger). Anda bebas memasukan nama apapun, tapi sebaiknya nama profil Blooger Anda sama dengan nama Google Plus dan akun Gmail Anda secara keseluruhan. Umumnya pilihan ini juga sudah terdapat nama sesuai dengan akun, tetapi Anda bisa mengubah nama pengguna Anda.

3 .Setelah mengisi nama tampilan, Anda akan memasuki halaman utama (dahsboard) Blogger. Anda bisa memilih pilihan “Blog Baru” atau pilihan “Tambahkan”. Pilihan “Tambahkan” adalah pilihan untuk menambah daftar Blog yang Anda ikuti perkembangannya. Langkah ini bisa Anda lakukan nanti. Sebaiknya, pilihlah dulu pilihan “Blog Baru”.

4.Setelah Anda memilih “Tambahkan”, Anda akan masuk pada pilihan untuk membuat judul Blog dan alamat Blog Anda. Anda isi judul Blog sesuai yang Anda inginkan. Bila Blog Anda tentang Blog pribadi maka cukup tuliskan nama Anda. Namun, bila Anda ingin membuat Blog khusus semisal Blog tips maka berilah judul yang berhubungan dengan kesehatan. Contohnya, Tipsmotor. Untuk alamat, Anda bisa mengisinya bebas. Sesuaikan dengan judul, bila Blog tentang profil Anda maka sebaiknya isilah alamat dengan nama Anda. Setelah diisi, nantinya alamat Blog Anda akan sesuai dengan alamat,misalnyanamaanda.blogspot.com.

5 .Jangan lupakan untuk memilih Template. Template ini merupakan istilah untuk tampilan Blog Anda. Andabisa menggunakan template yang ada dari Google. Nantinya, Anda juga bisa mengganti template dengan template yang lebih indah dan baik yang bisa Andacari di Internet.

6.Setelah Anda mengatur judul, alamat, dan template, maka Anda tinggal memilih pilihan Buat Blog. Setelah itu, Anda akan melihat daftar yang Anda buat. Klik alamat tersebut dan Anda akan dialihkan pada halaman utama Blog Anda. Halaman inilah tempat Anda mengatur posting (kiriman tulisan atau gambar), mengatur tampilan, melihat komentar, melihat statisitk, dan masih banyak lagi.

Terakhir, selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s