Tahun 2015, Indonesia Terjajah?

Mulai tahun depan, Indonesia akan menghadapi pasar bebas ASEAN, artinya apa? negara ASEAN bisa bebas memasukkan barang maupun jasa untuk diperjual belikan, termasuk para pencari kerja Indonesia bisa bebas menawarkan kemampuannya ke negara ASEAN tanpa embel-embel dokumen ke imigrasi an.

Yang tidak bisa dipungkiri, tenaga kerja Indonesia masih lemah atau masih belum terbiasa dan mampu berbahasa Inggris dengan baik, beda dengan negara tetangga kita, artinya apa? Siap siap saja menjadi penonton di negara sendiri, saat dokter, engineer, tenaga keuangan bahkan asisten rumah tangga kita dikuasai oleh profesional dari negara tetangga.

Jika kondisi ini tidak diperbaiki, maka tenaga kerja lokal tetap tidak akan dapat pekerjaan meski investasi banyak masuk ke Indonesia, lagi- lagi kita akan terjajah di negara sendiri, salah siapa? Entahlah siapa yang harus disalahkan, sistem pendidikan atau faktor ekonomi sehingga masyarakat kita belum bisa fasih berbahasa asing.

Jadi tipsnya agar kita tidak terjajah, ayo kuasai bahasa inggris dan balik kita jajah negara tetangga dengan menguasai post pekerjaan disana, engineer, ekonom, guru, dosen yang konon kabarnya penghasilannya sangat tinggi, bukan ke luar negeri hanya untuk jadi PRT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s