Cara Cepat Backup Data Di Android

Kali ini kita akan bahas mengenai cara yang dapat dilakukan untuk backup data yang ada di perangkat Android anda. Kenapa? Dengan kapasitas penyimpanan android saat yang sudah bisa menyimpan file yang jumlahnya banyak, backup dirasa perlu agar apabila android anda mengalami masalah, data atau file anda tetap aman, saran kami, lakukan backup sebulan sekali.

Data-data yang berupa file gambar, audio, maupun video bisa dipindahkan dari internal storage (memory internal) ke kartu MicroSD atau langsung ke komputer, sedangkan untuk backup data lainnya seperti kontak, sms, memo, email, data kalender tidak dapat dilakukan begitu saja dengan cara meng-copy file seperti biasa.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mem-backup data-data tersebut di Android yakni metode online dan metode offline, berikut ini adalah cara-caranya backup data di Android

Cara Melakukan Backup Data pada Perangkat Android Menggunakan Komputer/Notebook

Seperti yang disebutkan di atas, data-data yang berupa file gambar, audio, maupun video bisa dipindahkan secara langsung. Untuk memindahkan data-data tersebut dari internal storage ke kartu microSD bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi explorer yang tersedia di perangkat smartphone atau tablet Anda. Caranya punsederhana, Anda hanya perlu melakukan langkah meng-copy paste file-file tersebutke folder backup yang telah dipersiapkan.Sedangkan untuk mem-backup file-file tersebut dari perangkat smartphone/tabletke komputer Anda perlu menghubungkan perangkat tersebut ke komputer melalui kabel USB.

Kemudian Anda tinggal melakukan proses meng-copy file ke komputer. Atau Anda juga bisa mengeluarkan kartu microSD dari smartphone/tablet, lalu menghubungkannya ke komputer melaui slot yang disediakan atau card reader, kemudian lakukan proses copy file seperti biasa.

Cara Melakukan Backup Data pada Perangkat Android Secara Online

Jika ingin menyimpan data secara online, maka Anda bisa menggunakan fitur GoogleBack Up yang sudah terintegrasi dengan akun Google di perangkat Android Anda. Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur tersebut.

1. Masuk ke menu setting (pengaturan), lalu pilih menu personal, setelah itu pilih Back Up dan reset.

2. Kemudian Anda bisa memberi ceklist pada pilihan Back Up dan Restore otomatis.

3. Kembali masuk ke menu pengaturan lalu tekan menu personal.

4. Pilih Account dan sync.

5. Pilihlah akun Google utama yang Anda gunakan di perangkat Android Anda untuk disinkronisasi.\ ke Google Back Up.

6. Selanjutnya akan muncul list data yang akan disinkronisasikan, untuk itu Anda memerlukan aplikasi tambahan yang dapatdiperoleh secara gratis melalui Google Playstore seperti SMS Backup atau My Phone Explorer.Cara Backup Data pada Perangkat Android Secara Online melalui program tambahan

Cara Melakukan Backup Data pada Perangkat Android Secara Offline

Untuk melakukan dan membuat filebackup data Androidsecara offline, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan. Ada beberapa contoh aplikasi tambahan yang dapat Anda gunakan, Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan selera Anda. Beberapa contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah My Back Up, Mobile Backup II, App Backup and reinstall, JS Backup ataupun My Phone Explorer, yang dapat Anda download secara gratis melalui Google Playstore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s