Tips Mengenali Gejala Awal Kerusakan Pada Kendaraan Anda

Kali ini saya akan bagikan tips bagi anda yang memiliki kendaraan roda 4 alias mobil, hasil surfing saya ke blog yang bahas mengenai otomotif, yaitu mengenai apa saja suara gejala yang perlu Anda perhatikan pada kendaraan anda. Langsung aja ya?

Suara Mendengung Pada Roda

Potensi Kerusakan : Bearing Roda

Komponen ini berfungsi untuk memberikan putaran yang sempurna pada roda dengan memberikan medium yang minim gesekkan. Musuh utama bearing atau komponen yang lazimdikenal dengan nama laher ini adalah air dan kotoran

Bearing umumnya rusak setelah poros roda terendam air banjir atau terjadi kebocoran pada sil bearing sehingga air dan kotoran mengkontaminasi bearing.

Gejala bearing mulai rusak adalah timbulnya suara dengung pada rodaketika mobil berjalan lurus.Awalnya, suara mendengung hanya timbul di kecepatan tertentu. Tapi bila kerusakan sudah mulai parah, maka suara bisa terjadi diberagam kecepatan.

Suara Gemeretak/ribut Pada Roda

Potensi Kerusakkan : As Roda / Constant VelocityJoint

Mobil perpenggerak roda depan kerap menemui kerusakan pada As roda (Constant Velocity Joint). Pasalnya, selain bertugas untuk mengarahkan kendaraan, roda depan juga berfungsi sebagai penggerak. Beban inilah yang kerap membuat kerusakan ini terjadi, apalagi bila penemudi kerap melewati jalan rusak. Pelumasandengan gemuk adalah sistem utama yang menjaga komponen ini tetap prima dalam bekerja.Deteksi dini terhadap kerusakkan yang terjadi pada As roda dapat dilakukan ketika kita membelokkan arah roda secara maksimal ke masing-masing arah.

Cara memastikannya, coba buka jendela kanan dan kiriAnda sambil menggerakkan mobil perlahan dengan mempertahankan arah mobil ke satu sisi. Dengarkan suara gemeretak yang muncul. Jika suara muncul dari roda kanan, maka AS roda kiri yang bermasalah. Sebaliknya jika suara muncul dari roda kiri, maka AS roda kanan yang bermasalah.

Pengendalian Tidak Akurat

Potensi Kerusakkan : Karet Support Sokbreker

Bila Anda merasakan gerakan mobil saat kemudi tidak diberi respon, besar kemungkinan kerusakan terjadi pada karet support sokbreker atau tie rod end. Sebab kedua komponen ini bila telah rusak, dapat mengubah sudut roda.

Untuk memeriksanya, maka roda depan perlu diangkat. Lalu roda digerakan vertikal untuk mengetahui kerusakan tie rod end. Sedangkan kerusakan karet support dapat terdeteksi dari retaknya karet tersebut.

Roda Bergetar

Potensi Kerusakkan : Ban atau Pelek

Langkah pertama saat merasakan getaran di roda saat berkendara adalah melakukan proses balancing di bengkel. Pasalnya, proses ini perlu dilakukan secara berkala setiap 20.000 km atau lebih cepat bila Anda mulai merasakan getaran diroda.Dengan melakukan proses ini, maka kondisi ban pun akan secara otomatis turut terdeteksi bila terjadi kerusakan. Putusnya kawat baja pada kontruksi di dalam ban menjadi penyebab timbulnya benjolan di ban.

Bila benjolan timbul di bagian telapak, maka hal ini dapat langsung terasa saat di kecepatan rendah. Namun bila terjadi di bagian dinding, hal ini akan sangat berbahaya. Tak heran bila kami menyarankan agar Anda perlu memperhatikan kondisi dinding ban secara berkala lantaran ban dapat meletus secara tiba-tiba saat dikendarai.

Dengung Pada Gardan

Potensi Kerusakkan : Gardan Penggerak Belakang

Komponen yang bergerak meneruskan energi putaran dari mesin ke roda ini memang bertugas sangat berat. Selain menyalurkan tenaga, ia juga harus mempunyai fleksibilitas saat bergerak akibat guncangan pada roda. Kerusakkan ringan pada komponen ini bisa dideteksi dari suara dengung yang timbul di kecepatan rendah. Jika kecepatan terus ditambah dan suara makin kencang berarti kerusakkan sudah pada level yang lebih parah. Servis ringan tanpa perlu mengganti isi komponen gardan dapat dilakukan bila kerusakkan belum terlalu parah seperti mulai ausnya gerigi di dalam gardan.

Gemeretak di balik setir

Potensi Kerusakkan : Rack Steering

Komponen yang bertugas memberikan arah putarpada roda ini cenderung mudah rusak jika mobil sering melintasi medan bergelombang. Lantaran komponen bergerak rack and pinion di dalamnya yang seharusnya bergesek sesuai perintah kemudi justru bergesek tanpa diinginkan akibat roda terpaksa bergerak karena lubang di jalan. indikasi komponen ini mulai rusak bisa didengarkan dari suara gemeretak ketika mobil berjalan lurus di medan berlubang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s