Rahasia Bangsa Jepang Bisa Maju

image

Sebenarnya yang akan saya jelaskan dibawah ini sudah bukan rahasia lagi karena sejak tahun 2000 an bangsa kita sudah mulai menerapkannya khususnya di bidang Industri yang awalnya diperkenalkan oleh industri yang berasal dari Jepang seperti Toyot@ dan lain lain. Walaupun saat ini namanya sudah beragam dan dimodifikasi oleh sebagian orang, namun intinya tetap sama.

Di Jepang disebut dengan kata KAIZEN , atau perbaikan yang berkelanjutan , isinya adalah
Rencanakan-Lakukan-Periksa-Tindak lanjut (Plan-Do-Check-Action).

Salah satu langkah awal penerapan kaizen adalah menjalankan siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) untuk menjamin terlaksananya kesinambungan kaizen Siklus ini yang berisi :

1. Rencana (Plan) Penetapan target untuk perbaikan dan perumusan rencana tindakan guna mencapai target tersebut.

2. Pelaksanaan (Do) Pelaksanaan dari rencana yang telah dibuat.

3. Periksa (Check) Kegiatan pemeriksaan segala prosedur yang telah dijalankan guna memastikannya agar tetap berjalan sesuai rencana sekaligus memantau kemajuan yang telah ditempuh.

4. Tindakan (Act)

Menindak lanjuti ketiga langkah yang ditempuh sekaligus memutuskankan prosedur baru guna menghindari terjadinya kembali masalah yang sama atau menetapkan sasaran baru bagi perbaikan berikutnya.

Siklus ini berputar secara terus menerus dengan diselingi oleh siklus Standardize-Do-Check-Act (SDCA) di antaranya. Dalam langkah Standar (Standarize) pada siklus ini, segala prosedur baru yang telah diputuskan pada langkah Tindak dalam siklus PDCA sebelumnya disahkan menjadi pedoman yang wajib dipenuhi. SDCA fokus pada kegiatan pemeliharaan, sedangkan PDCA lebih mengacu pada perbaikan.

Inti dari hal ini yaitu  untuk meraih kesuksesan hidup dan mutu yang diinginkan jangan pernah berhenti pada satu titik,  Ingat, roda jaman selalu berubah. Maka, terbukalah untuk sebuah perubahan ke arah lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s