5 Tips Pelamar Agar Banyak Diminati oleh Perusahaan

Dalam proses rekrutmen ada 2 aktor utama, pertama adalah Perusahaan sebagai pencari Tenaga Kerja dan kedua adalah Pelamar sebagai Pencari Kerja. Fenomena yang terjadi saat ini bahwa begitu banyak lowongan kerja maupun pencari kerja, namun begitu sulit pula perusahaan mendapatkan pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan. Apa penyebabnya? Karena banyak perusahaan tidak memiliki cara efektif dalam proses rekrutmen dan banyak dari pelamar tidak memiliki metode yang mampu menarik perhatian perusahaan.

Berikut ini ada tips dari Nurdin Setiawan (General Manager Operasional & Sumber Daya Manusia) BENWIN GROUP ada 5 cara mudah bagi pelamar agar banyak diminati oleh perusahaan :

1. Curiculum Vitae (CV)

CV merupakan sumber informasi bagi perusahaan tentang kualifikasi pelamar, maka buatlah CV yang lengkap, jelas dan sistematis. Urutkan informasi mulai : Pas Photo berwarna, Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat Lengkap dan Nomor Telpon/HP, Riwayat Pendidikan (dimulai dari yang terakhir) dan Riwayat Pengalaman Kerja (dimulai dari yang terakhir)

2. Riwayat Pengalaman Kerja (jika ada)

Bagi perusahaan dalam mencari pelamar yang sudah berpengalaman, maka informasi yang diperlukan adalah Nama perusahaan, Bidang Usaha, Jabatan Terakhir, Periode Masa Kerja dan Total Masa Kerja, Uraian Pekerjaan (Tanggung Jawab dan Tugas-Tugas Pokok). Oleh karenanya buatlah CV secara sistematis dengan urutan tersebut di atas.

3. Informasi Lowongan Kerja

Kunci kesuksesan dalam melamar pekerjaan adalah bahwa “Janganlah menunggu informasi tapi informasilah yang harus dicari”. Oleh karena itu carilah informasi lowongan kerja dari berbagai sumber dan kirimkan CV untuk posisi dan kualifikasi yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi pelamar. Hindari mengirimkan CV asal kirim saja
(untung-untungan) karena cenderung tidak akan efektif.

4. Kepercayaan Diri (Confidence)

Bangunlah 2 kepercayaan. Pertama percaya kepada Tuhan YME dengan cara berdo’a memohon kepada Tuhan agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Kedua percaya kepada kemampuan diri sendiri dan berlatihlah secara terus menerus untuk membangun kepercayaan diri dengan 4 cara mengubah sikap tubuh, yaitu : 1). Berlatih mengatur nafas 2). Merubah cara berdiri (lebih tegak) 3). Merubah cara berjalan (cepat dan tatapan lurus ke depan) dan 4). Merubah Cara Bersalaman (kendalikan tangan anda saat bersalaman dan jangan dikendalikan lawan anda).

5. Jangan sering pindah kerja dalam waktu yang singkat (kurang dari 3 tahun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s