Awal Mula Taxi Blue Bird

Siapa yang tidak kenal dengan taksi Blue Bird, di Jakarta dan kota besar di Indonesia, Blue Bird adalah sebuah jaminan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa angkutan ini, dengan pengelolaan yang profesional, membawa Blue Bird menjadi perusahaan yang sangat besar, tapi tahukah anda, Blue Bird berawal dari sebuah bemo dengan trayek Harmoni – Kota.

Inilah cikal bakal taksi Blue Bird. Waktu itu mobil mangkal dan pengguna tinggal menelepon ke rumah Mutiara di Jln. HOS Cokroaminoto No. 107. Karena yang sering menerima Chandra, maka label yang digunakan Chandra Taksi.Ketika pemerintah daerah mengeluarkan izin penyelenggaraan taksi, Chandra Taksi justru tidak memperolehnya.

Izin hanya diberikan untuk perusahaan transportasi yang sudah berpengalaman. Mutiara tidak putus harapan dan terus berusaha. Bahkan sampai melampirkan referensi tertulis dari para pelanggannya. Akhirnya kegigihan Mutiara membuat Gubernur Ali Sadikin memberi izin pada tahun 1971. Setahun kemudian sebanyak 25 unit armada Blue Bird sudah meluncur ke jalan.

Pada awal beroperasi, Blue Bird sudah aktif menggaet pelanggan dari hotel-hotel di Jakarta dan menerima panggilan lewat telepon. Setelah armada bertambah banyak, Blue Bird melengkapi mobilnya dengan radio komunikasi untuk melayani penumpang pada tahun 1970-an ,tahun 2000-an Blue Bird kembali memelopori penggunaan GPS dan GPRS untuk memantau taksi-taksinya.

Keren juga ya? Inovasi dari Blue Bird.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s