Kegiatan Pertambangan vs Masyarakat Lokal

Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat adalah dengan membuka lapangan pekerjaan yang banyak sehingga perekonomian daerah dapat tumbuh seiring daya serap tenaga kerja yang tinggi.

Kegiatan pertambangan batubara yang saat ini marak di daerah kalimantan tidak jarang menggunakan lahan masyarakat lokal untuk melakukan aktifitasnya, dengan modal izin dari pemerintah, investor pun melakukan aktivitasnya dengan berbagai aturan yang telah diatur dan harus di jalankan agar kegiatan itu dapat menekan dampak negatif terhadap masyarakat sekitar.

Tidak jarang kita mendengar protes masyarakat lokal ke pengusaha pertambangan dengan berbagai alasan sehingga kegiatan pertambangan harus berhenti, salah siapa?

Menurut saya, ada sistem yang tidak berjalan, intinya menurut saya, perusahaan dengan petunjuk pemerintah harus memperkuat kegiatan community development dan CSR (corporate social responsibilty), sebuah kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “beri jala jangan beri ikan” sering kita dengar slogan itu.

Sekali lagi, perusahaan harus memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat, saat ini sudah banyak perusahaan yang bersinergi dengan masyarakat lokal dengan menciptakan kegiatan sehingga dapat meningkatkan income per kapita masyarakat lokal.

Ada beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan oleh perusahaan, misalnya kredit lunak untuk mengolah kebun sawit atau kakao serta bantuan distribusinya, bantuan mesin kapal plus peralatan bagi nelayan lokal agar dapat meningkatkan hasil tangkap dan masih banyak lagi yang lain.

Semua itu memang butuh biaya, namun biaya itu saya rasa tidak sebanding dengan besarnya keuntungan perusahaan yang didapat serta rasa tenang dalam beraktifitas. Damailah Indonesiaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s