Trik Marketing Untuk Memenangkan Penjualan

Menurut saya, Keberhasilan seorang pelaku usaha sering kali dilihat dari seberapa hebat kemampuannya dalam mendatangkan transaksi penjualan.

Semakin banyak transaksi penjualan yang mereka datangkan setiap bulannya, maka semakin besar pula peluang mereka untuk mendatangkan keuntungan dari bisnisnya. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat awam yang menilai kesuksesan seorang pelaku usaha sering kali dilihat dari seberapa besar omzet penjualan yang mereka datangkan setiap bulan.

Nah, agar bisnis Anda tak kalah bersaing dengan usaha milik para kompetitor Anda. Berikut ini kami informasikan beberapa trik pemasaran untuk memenangkan penjualan.

Pertama, ingatlah bahwa konsumen Anda juga manusia. Banyak penjual yang terjebak pada apa yang mereka jual dan melupakan bahwa konsumen yang mereka hadapi adalah manusia yang memiliki akal dan perasaan. Mereka terkadang memperlakukan konsumennya sama rata, sehingga para konsumen merasa dilayani sebuah mesin bukan seorang pelaku pasar. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ada baiknya bila Anda memberikan pelayanan secara personal kepada setiap pelanggan Anda dan memberikan perhatian khusus sesuai dengan minat dan kebutuhan yang dicari setiap pelanggan. Ingat, setiap konsumen merupakan pribadi yang unik dan berbeda-beda, sehingga Anda harus memperlakukan mereka sesuai dengan porsinya.

Kedua, cobalah fokus pada hasil bukan usaha. Strategi penjualan produk bukan hanya mengenai pengorganisasian, perencanaan, dan pertemuan semata. Ini adalah tentang bagaimana cara Anda mendapatkan hasil penjualan. Karenanya seorang tenaga penjual yang hebat harus tahu bagaimana cara mendapatkan perhatian pelanggan, dan menyajikan produk serta jasa mereka dengan teknik yang menarik, sehingga pelanggan terdorong untuk membeli produk Anda.

Ketiga, keluarlah dari zona nyaman. Seorang tenaga penjual bahkan rela menempuh beberapa strategi pemasaran yang mungkin dipandang tak lazim, berat, dan di luar dugaan, untuk meyakinkan calon konsumennya. Trik pemasaran seperti ini memang penting, agar konsumen Anda tak cepat bosan dan mulai melirik produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, agar bisnis Anda bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar, cobalah untuk keluar dari zona nyaman Anda dan tawarkan sesuatu yang unik untuk meningkatkan daya saing produk Anda.

Keempat, jangan sungkan untuk memukau calon pelanggan. Seorang penjual yang hebat tak pernah berhenti mencari ide untuk menciptakan kedekatan terhadap konsumennya. Saat pelanggannya mulai terpukau dengan kelebihan produk atau jasa yang mereka tawarkan, maka berikan nilai tambah atau sebuah pembeda yang bisa membuat pelanggan Anda betah berlama-lama di toko Anda dan tak sungkan-sungkan untuk mulai loyal terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kelima, sampaikan penawaran dan ciptakan closing penjualan yang efektif. Meskipun sebagai tenaga penjual, namun sulit dipercaya bahwa kebanyakan dari mereka masih kesulitan untuk menyampaikan penawaran yang menciptakan closing yang efektif. Padahal dalam sebuah penawaran, yang terpenting adalah kemampuan closing dalam memasarkan produk. Sehingga konsumen yang awalnya kurang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, akhirnya tertarik membeli berkat closing pemasaran produk yang Anda sampaikan.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Trik Marketing Untuk Memenangkan Penjualan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s