Nikmatnya Wisata Belanja di Pasar Umat Al Markaz Al Islami Makassar

Masjid Al Markaz Al Islami Makassar yang berlokasi tepat di jantung kota adalah icon kota Makassar saat ini, icon yang menggambarkan kehidupan masyarakat yang toleran dan religius.

Al-Markas Al-Islami mulai didirikan pada tanggal 8 Mei 1984 atas prakarsa Jendral M Yusuf sebagai pusat pengembangan agama Islam dengan luas sekitar 10 Hektar.

Pengalaman melaksanakan ibadah shalat Jum’at di Masjid Al Markaz bersama ribuan umat islam di Makassar menambah kekhusyukan dalam melaksanakan ibadah ini.

Ada yang menarik disini, setelah ibadah jum’at berakhir, para pedagang mulai menggelar dagangannya, bertempat di pelataran Al Markaz Al Islami, ratusan pedagang mulai beraksi dengan berbagai macam dagangannya, mulai dari alat sholat, berbagai macam obat tradisional, baju, jam, perkakas rumah tangga, kuliner sampai mainan anak anak.

Harganya pun sangat murah dengan kualitas yang tidak mengecewakan, bermodalkan uang 200 ribu rupiah, saya sudah membawa pulang berbagai macam pakaian dan barang lainnya. Tradisi berdagang selepas ibadah shalat jum’at ini sudah berlangsung beberapa tahun dan menjadi ladang rezki tersendiri bagi pedagang di makassar dan sekitarnya, Aco yang berprofesi sebagi pedagang peci dadakan, mengatakan dalam satu kali ibadah jum’at mampu menjual sampai 30 sampai 50 peci, tergantung tanggal muda atau tanggal tua, mantap juga ya?

Lepas sore hari pedagang pun mulai mengumpul dagangannya dan tetap menjaga kebersihan dan keindahan Masjid Al Markas Al Islami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s