Pentingnya Pendidikan Rescue di Sekolah

Pertama tama blogeneering mengucapkan selamat hari pendidikan 2014, dengan berbagai kekurangan penyelenggaraan pendidikan di negara ini, kita harus tetap memberikan apresiasi dan dukungan demi peningkatan mutu pendidikan anak-anak kita.

Pemerintah lewat institusi Kemendiknas senantiasa berbenah untuk itu, termasuk penyempurnaan kurikulum pendidikan, ada satu yang penting menurut saya yang harus ditambahkan dalam kurikulum pendidikan, yaitu pendidikan emergency rescue atau teknik penyelamatan dalam kondisi gawat darurat, saat ini pendidikan itu sudah diterapkan di Jepang mengingat kondisi negaranya yang rawan bencana khususnya gempa dan tsunami.

Saya rasa sama, potensi bencana atau kondisi darurat di negara kita juga sangat besar, dengan pendidikan emergency rescue, anak didik akan diajarkan teknik- teknik untuk bertahan dan melakukan pertolongan korban menghadapi kondisi emergency gawat darurat, minimal teknik penyelamatan bagi siswa sendiri.

Memang sih, pemerintaj telah membentuk Badan SAR Nasional untuk itu, namun untuk lebih meminimalkan korban, dirasa perlu untuk memberikan pendidikan ini bagi anak murid khususnya di level sekolah menengah pertama dan atas, apakah bentuknya seperti ekskul wajib atau materi kelas.

Yang kesemuanya itu akan berimbas positif bagi perkembangan anak murid kita, karena mereka akan dilatih untuk tidak takut menghadapi kondisi darurat dan melakukan teknik penyelamatan dalam kondisi darurat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s