Pengalaman Nikmatnya Menjadi Buruh

Sebuah kisah nyata seorang buruh yang sukses membuka perusahaan sendiri.

Tahun 2002, selepas kuliah, saya diterima kerja di salah satu perusahaan manufacturing Kawasan Industri di salah satu kota besar di Indonesia Timur. Maklum fresh graduate, semua pekerjaan dengan ikhlas dan semangat 45 aku kerjakan walaupun aku tidak sadari penghasilan bulananku sangat minim alias tidak cukup.

Statusku sebagai pengantin baru menuntutku untuk memberi kebahagian materi untuk istri dan anakku kelak, aku sadar setelah setahun bekerja, bahwa penghasilanku hanya cukup untuk beli bensin untuk motor, bayar kos dan makan sehari 3 kali.

Batin ini mulai meronta tidak puas dengan keadaan ini, kenapa penghasilanku kecil? kepada siapa aku harus mengadu? Siapa yang harus aku salahkan atas keadaan ini? Perusahaan? Pemilik perusahaan? Walikota? Gubernur ? anggota dewan? Atau TUHAN ?

Singkat cerita, didalam pencarian dan perenungan itu, ada setitik jawaban yang aku dapatkan, Akulah yang salah, bukan siapa siapa atau bahkan tuhan, kenapa aku masih bertahan untuk dibayar murah, aku harus bergerak, mencari yang lebih baik. Aku harus kuat, jangan jadi pecundang dengan menyalahkan orang lain, apalagi mengganggu kenyamanan orang lain.

Sambil tetap bertahan, aku rintis usaha yang awalnya kecil, dengan prinsip “jika aku berfikir bisa, maka aku pasti bisa”, enam bulan setelah itu, usahaku telah berkembang pesat, keuntungannya puluhan kali dari penghasilanku di perusahaan itu.

Dengan berat, aku putuskan untuk berhenti bekerja di Perusahaan itu, perusahaan yang telah memaksa aku untuk sukses, yang telah mengajarkan bahwa aku selama ini salah, yang telah memeras otakku untuk mencari peluang demi membahagiakan keluarga, terima kasih.

Leave a Reply

