Jokowi dan KKN di Lelang Terbuka Lurah dan Camat

Salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Gubernur Jakarta di awal tahun pemerintahannya adalah dengan melakukan lelang jabatan lurah dan camat. Untuk lingkup PNS Jakarta, ini adalah sesuatu hal yang menarik karena rencananya akan dilakukan proses seleksi yang ketat dan transparan.

Info terbaru, 1180 pendaftar telah masuk ke meja panitia seleksi, jumlah yang sangat luar biasa menurut Jokowi, untuk menghindari proses seleksi yang transparan tanpa KKN, Jokowi menjelaskan akan melakukan beberapa tes, diantaranya tes komputer,uji administrasi dan terakhir uji publik didepan panelis yang terdiri dari beberapa unsur diantaranya akademisi, polri dan pemerintahan.

Menurut saya, celah untuk adanya KKN tetap ada dalam pemilihan ini, apalagi lurah dan camat untuk Jakarta adalah sebuah jabatan yang sangat “menggiurkan” dengan tingginya aktifitas ekonomi di ibukota ini. Namun, kuncinya menurut saya ada pada tes uji publik dihadapan panelis, inilah tempat ujian sebenarnya, disinilah sosok itu kelihatan mampu memimpin atau tidak, dari segi kemampuan personal akan diuji oleh tim independen dari beberapa unsur.

Semoga saja gebrakan Jokowi ini berhasil dan dapat menjadi acuan bagi daerah lain di Indonesia untuk mendapatkan pemimpin yang benar benar memiliki kemampuan individu dalam memimpin daerah, tanpa ada unsur KKN dan money politics, semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s