Tips Mendapatkan Kerja Di Tambang Batubara

Pengalaman kerja di tambang batubara memancing hasrat saya untuk menulis potingan ini, tujuannya agar teman-teman fresh graduate atau ingin beralih bidang kerja, mengetahui tips agar dapat bekerja di tambang khususnya tambang batubara.

Didunia tambang umumnya memerlukan tenaga skill,seperti operator alat berat, engineer tambang, mechanical engineer, electrical engineering, enviromental engineer namun ada juga non skill yang nantinya ditempatkan dibagian tertentu seperti checker,admin dan crew.

Perusahaan di satu areal tambang biasanya ada puluhan perusahaan yang terbagi atas dua yaitu owner (pemilik lahan) dan kontraktor tambang (jumlahnya banyak), owner biasanya membagi pekerjaannya kepada masing-masing kontraktor seperti, survey, kegiatan penambangan, angkutan batubara,catering,jasa rental unit kendaraan kecil,workshop alat berat. Owner kalau ditempat saya hanya mengurusi masalah umum,IT, safety dan Environment.

Saran saya, sebelum melamar ke dunia tambang, lengkapi dulu keahlian anda, saya ambil satu contoh, bila anda ingin menjadi seorang mekanik alat berat, sudah tentu pengetahuan anda mengenai part,troubleshooting dan segala sesuatu mengenai alat berat sudah ada, tinggal anda menambah dengan pengalaman lain, seperti training safety, training mekanik, bearing,rigger, alat angkat dan lain lain, banyak kok saat ini penyelenggara training itu, tinggal searching di google saja. Nilai plus anda peroleh jika anda memiliki itu.

Untuk lowongan khusus tambang, anda bisa buka di http://www.petromindo.com, disitu banyak lowongan khusus mining,oil and gas, browsing saja disitus itu, puluhan job tinggal anda pilih sesuai keahlian anda, berdoa agar anda bisa mencoba peruntungan di dunia tambang, untuk kesejahteraan dan fasilitas, sebelum bergabung sudah dijelaskan kok, kalo gak puas, coba aja nego, just info, non skill aja digaji kisaran 3-3,6 jt sebulan (all in), dah termasuk lembur 12 jam kerja, makan,mess,cuci baju,asuransi kesehatan sekeluarga, tiket PP,disiapkan perusahaan.

Sampai disini dulu ya? Kalau belum jelas, comment saja dibawah, nanti kita sharing, semoga bermanfaat.

11 thoughts on “Tips Mendapatkan Kerja Di Tambang Batubara

  1. Masih ada lowongan mekanik mesin ga mas bro. Mekanik pengalaman gt ane pegen pindah krj ke pertambangan, keliatan nya menjanjikan.

  2. Wah terimakasih atas infonya yang bermanfaat. Minta tolong update yg kondisi terbaru di dunia pertambangan dong. Tq (sy saat ini baru mau mengikuti pelatihan OAB)

  3. saya ingin sekali bekerja di pertambangan batu bara, tpi saya blum punya pengalaman, jadi saya minta solusi.
    pendidikan apa yg saya harus tekuni untuk mempermudahkan saya bekerja di pertambangan batu bara
    terimakasih…..

    1. Saran saya sekolah sambil mengambil pendidikan informal diluar sekolah seperti training engine alat berat, safety atau sekalian sekolahbdi jurusan pertambangan

  4. paak …
    saya ingin bkrja di situ…ttp gmn proses masuknya…dan kuliahnya ambil jurusan
    apa … terus klo mau masuk situ dikenai biyaya brp

Leave a Reply

