Tugas Berat Seorang Medical First Responder (Rescuer)

Bagi seorang pekerja Industri seperti saya, merupakan tantangan berat dalam hal pengawasan pekerja khususnya mengenai keselamatan pekerja.

Salah satu pengalaman dan kemampuan yang saya miliki adalah kemampuan sebagai Medical First Responder(MFR), mungkin anda bertanya, apakah saya dokter? Atau perawat? Atau ada yang bertanya MFR itu apa?

MFR adalah orang yang telah melalui pelatihan khusus mengenai penanganan korban pada kondisi gawat darurat, bisa juga diartikan orang yang pertama berada dilokasi kejadian gawat darurat dan telah melalui pelatihan cara penangan korban gawat darurat.

Kondisi Gawat darurat disini diartikan sebagai segala kondisi atau kejadian yang tidak direncanakan dan berpotensi menimbulkan korban, seperti kecelakaan lalu lintas, insiden di lokasi kerja,bencana alam, kebakaran dan lain-lain.

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika terjadi kondisi gawat darurat adalah keamanan lokasi, aman bagi sang MFR dan korban, jika belum aman, jauhkan dulu korban dari lokasi kejadian dengan teknik tertentu, setelah memastikan lokasi aman, baru MFR melanjutkan tugasnya dengan mengidentifikasi korban.

Disinilah serunya tugas MFR, dengan pelatihan yang telah dilalui, saya jadi faham akan berbagai tindakan pertolongan dalam kondisi gawat darurat.

Satu contoh, bila kita menghadapi korban, sapa terlebih dahulu untuk menanyakan kondisinya, jika belum ada reaksi, tepuk korban untuk agar ia sadar, jika belum juga, lanjut dengan memberi rasa sakit pada tubuhnya, biasanya kita lakukan tekanan pada pangkal kuku, jika ada pergerakan atau reaksi, maka dipastikan korban tidak pingsan, namun jika tidak ada, maka MFR akan melanjutkan tugasnya sampai tim medis datang ke lokasi atau si korban tiba di rumah sakit terdekat.

Bagi saya, kemampuan MFR seseorang sangatlah penting karena selama ini banyak korban yang awalnya kondisinya tidak parah, karena salah dalam penanganan, maka kondisi korban menjadi lebih parah.

Sebagai tambahan info, training atau pelatihan Rescue adalah training yang memiliki “kasta” tertinggi diantara semua pelatihan karena menyangkut keselamatan nyawa seseorang. Pelatihan ini saya peroleh langsung dari BASARNAS Balikpapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s