Transportasi Massal dan Ganjil Genap ala Jokowi Akan Berhasil Jika……

Saat ini kota Jakarta sudah identik dengan kemacetan, yang sudah menjadi pemandangan tiap hari, di pagi hari, siang sampai malam hari.

Kepemimpinan Jokowi sedang diuji dengan masalah kemacetan yang semakin kompleks, berbagai terobosan saat ini sementara dirancang oleh pasangan Jokowi-Ahok salah satunya untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Untuk tahap awal, saat ini Jokowi sedang mempersiapkan transportasi massal dan sistem plat nomer ganjil genap, akankah sistem itu akan berhasil? yang jelas kita akan dukung jika rencana itu baik dan semoga berhasil, namun ada yang perlu kita perhatikan mengenai kedua plannig diatas.

Yang pertama, transportasi massal, dengan kebutuhan biaya yang sangat besar untuk perbaikan armada bus dan pengadaan baru bus baru , serta perubahan organisasi untuk transportasi massal, kemungkinan transportasi massal ini tidak akan berjalan dalam waktu dekat ini, kemungkinan dua tahun depan secara bertahap akan terlihat hasilnya, jadi dua tahun kedepan masih macet.

Yang kedua, sistem ganjil genap, jumlah kendaraan yang sesaki Jakarta saat ini menurut data yang saya peroleh sebanyak 13 juta kendaraan, anggaplah sistem ganjil genap berjalan dan bisa terbagi dua, itu artinya sebanyak 6 juta kendaraan tetap akan menyesakkan Jakarta, dengan kondisi jalan yang saat ini tidak bertambah, jumlah 6 juta tetap akan membuat macet kota Jakarta.

Bukan kita terus berputus asa dengan data diatas, yang jelas, pemimpin Jakarta saat ini masih butuh masukan agar kemacetan benar benar bisa terurai, contohnya, bisa nggak jam sekolah diundur menjadi jam 9 pagi sampai jam 3 sore saja, perlu dibahas lagi dengan Departemen terkait untuk penyempurnaan kurikulum agar 6jam sekolah bisa efektif bagi murid di Jakarta.

Lanjt lagi contohnya,  perubahan jam kantor swasta, sama dengan jam sekolah, agar jam jam padat kendaraan bisa dibagi agar kemacetan benar benar bisa diurai.

Semoga saja postingan ini sempat dibaca Pak Jokowi, yang saya tahu super sibuk.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s